.

.

tips mempercepat website dengan sistem web cache


Min, 23 Jan 2022 07:33:43


tips mempercepat website dengan sistem web cache

mempercepat loading situs

Karangasem - Bali, mempercepat loading situs - sebelum kita belajar memasang sebuah web cache pada situs kalian, saya akan jelaskan secara singkat tentang apa itu web cache, agar kalian tidak kebingungan saat melakukan pemasangan.

Apa itu cache dan web cache?
Secara sederhana dapat saya simpulkan kalau cache itu adalah tempat atau wadah untuk menyimpan data situs sehingga ketika dikunjungi kembali maka pengunjungvtidak perlu lagi memulai dari awal ketika ingin mengakses suatu informasi di situs kalian. Sementara web cache itu adalah adalah sebuah arsip web yang akan disimpan oleh aplikasi browser seperti Google Chrome, Opera, dan Firefox.

Web Cache pentingkah untuk situs?
Menurut saya pribadi web cache ini sangat penting karena Web cache dapat membantu dalam memproses kecepatan loading suatu website. Ini juga bisa membantu meningkatkan suatu performa website, karena data dan file situs yang sama disuatu halaman akan langsung di load dari browser tanpa harus mendownload ulang dari server, karena inilah pengunjung bisa lebih cepat mengunjungi situs kalian.

Pemrosesan permintaan HTTP pun akanlebih sedikit, ini artinya website kalian akan lebih sedikit memakan bandwidth. jika kalian memiliki bandwidth yang terbatas web cache akan terasa sangat membantu.

Apa saja manfaat web cache?
secara sekilas dari membaca artikel saya diatas kalian pasti sudah mengetahui apa saja manfaat dari web cache itu. Saya akan coba kasi list agar kalian semakin paham tentang manfaat memasang web cache di browser

  • Website akan terasa Lebih Cepat dan ringan
  • Membuat Pengunjung lebih betah untuk mengunjungi situs kalian
  • Bisa Meningkatkan Traffic
  • Dapat Menghemat Memori Server

bagaimana cara kerja web cache?
seperti biasa jika seseorang mengunjungi situs kalian maka server akan menerima permintaan pengunjung , lalu akan di proses di server, kemudian barulah data-data disitus itu akan di tampilkan pada browser. Jika cache itu diaktifkan, maka server akan menyimpan file-file website tersebut ke dalam browser yang dipakai pengunjung dengan sangat cepat. Kemudian ketika pengunjung tersebut kembali atau mengunjungi situs tersebut maka server tidak akan perlu lagi melakukan pemrosesan dan mengkonversi ke dalam HTML. mereka hanya akan melakukan pengiriman file HTML yang telah disiapkan oleh browser.

Bagaimana cara mengaktifkan web cache di situs (website)?
Jika kalian sudah mengetahui semua tentang web cache sekarang kalian bisa lanjutkan ke topik pembahasan kita kali ini, yaitu cara mengaktifkan web cache pada situs atau website. Kode yang saya bagikan sudah saya setting sedemikian rupa agar kalian tidak kebingungan dalam menyisipkannya.

Caranya adalah :
1. pertama kalian cari file .htaccess jika tidak menemukannya kalian centang tampilkan file sembunyi di pengaturan file manager kalian atau ftp kalian.
2. Kemudian kalian Copy Paste kode yang saya berikan, jangan diutak atik lagi ya.


3. harap ketika mempaste kode diatas berhati-hatilah pastikan tidak mengganggu kode lain. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan di file .htaccess akan menyebabkan eror pada situs dan tidak bisa diakses.

4. jika kalian sudah memperbarui file .htaccess kalian bisa cek berhasil atau tidak di situs
https://seositecheckup.com/tools/page-cache-test-server-side-caching.
Jika berhasil maka akan tampil seperti ini.

tips mempercepat website dengan sistem web cache-1

Nah itulah tadi langkah-langkah mengaktifkan fitur web cache pada situs, jika kalian mengalami kesulitan bisa kalian tanyakan dikomentar atau langsung hubungi wa saya (ada di bagian bawah situs) untuk respon yang cepat. sampai jumpa di postingan selanjutnya

Bagikan:

Komentar :

kadek budi <24 Jan, 2022, 1:26 pm>
Widih,, mantep banget Gan. website dari segi tampilannya bagus, dari materinya mudah di pahami, dan materinya juga sangat bermanfaat. Terimakasih ya gan, semoga sukses🙏😇